Resep Seblak Basah Kuah dengan Rasa Pedas Menggelora

Resep Seblak Basah Kuah dengan Rasa Pedas Menggelora

Memang Indonesia dikenal karena rempah dan masakannya yang pedas-pedas. Bahkan bila dibandingkan negara sekitar kita di daerah tropis ini, tetap hanya masakan khas Indonesia yang lebih kaya rasa dengan rasa pedasnya yang nendang. Mungkin saingannya hanya Thailand yang terkenal dengan rasa asam pedasnya. Nah resep seblak basah kuah pedas ini bolehlah jadi tandingannya.

Generasi millennial memang serba kreatif dalam menciptakan makanan baru, meskipun entah sampai kapan sebetulnya akan bertahan. Mungkin generasi post-millennial yang akan jadi saksi kalau apa yang diciptakan generasiku sekarang ini akan bertahan di kancah perkulineran Indonesia sampai puluhan tahun ke depan.

Beberapa tahun terakhir makanan serba pedas menjamur dimana-mana. Pasti sudah dong mencoba keripik pedas, makaroni pedas, cilok isi pedas, atau bakso beranak pedas? Tapi satu yang paling mengejutkan, mungkin karena penampilannya yang unik adalah seblak. Populer dari kota Bandung yang selalu saja inovatif, seblak dengan cepat menjadi booming dan menyebar ke kota-kota sekitarnya.

Keunikan seblak lainnya adalah karena hadirnya kerupuk yang direbus terlebih dahulu. Seolah menggantikan peranan mie, kerupuk basah ini memiliki tekstur kenyal dan ternyata menyatu dengan semua bahannya. Seblak juga masih memiliki nilai gizi kok teman-teman. Ada sosis, bakso, dan juga sayur serta telur di sana. Jadi ya bisa dibilang masih ada perasaan tidak bersalahnya sih.

Karena asalnya dari kota Bandung maka aku asumsikan kalau seblak cocok dinikmati ketika kamu sedang butuh yang hangat-hangat. Atau bahkan ketika merantau keluar negeri dan sedang musim dingin. Bahan-bahannya sekarang mudah kok didapatkan di berbagai toko kelontong Chinatown dan resep seblak basah kuah ini akan menjadi lengkap.

Jangan lupa nih teman-teman. Karena kuahnya sangat pedas, hati-hati yang untuk kamu yang tidak terbiasa. Cabainya bisa dikurangi lagi kok dan bahkan bisa tidak dibuat pedas kalau mau. Selain itu aku tambahkan juga Kecap Bango Manis Pedas Gurih untuk menyeimbangkan. Sebetulnya seblak sendiri identik dengan rasa pedas dan kuahnya yang panas, sehingga memang tujuannya untuk mencari seuhah kalau kata orang Sunda bilang – alias kepedesan!

Resep Perkedel Jagung Renyah, Cemilan Sehat yang Bikin Nagih

Resep Perkedel Jagung Renyah, Cemilan Sehat yang Bikin Nagih

Dari jutaan kudapan yang ada di seluruh dunia, paling sulit kalau orang Indonesia melewatkan yang satu ini. Ya, inilah perkedel jagung renyah dan gurih! Satu jenis kudapan yang sebagian lebih mengenalnya dengan sebutan bakwan. Istilahnya beda, namun rasanya sama-sama lezat.

Tidak hanya untuk dicemil, perkedel jagung renyah ini juga cocok disantap dengan nasi hangat dan berbagai lauk pauk lainnya. Bahkan uniknya, hidangan klasik ini juga nikmat dicocol dengan sambal ataupun kecap! Biarpun cara menikmatinya berbeda-beda, cara membuatnya sendiri sebetulnya sama dan resep bakwan jagung sederhana ini juga sangat simpel. Untuk kamu-kamu yang jarang masak sekalipun, pasti bakalan sukses membuatnya!

Nah, mari bicara bakwan jagung sebagai cemilan. Pasti ada kan masa-masanya akhir pekan itu lebih seru kalau dinikmati bersama keluarga saja dan tidak perlu kemana-mana? Hari Sabtu biasanya lebih macet dan mall penuh sesak, makanya aku lebih senang melewati hari itu di rumah. Baru deh jalan-jalan di hari Minggu, sekalian lari pagi saat car free day.

Dengan hari Sabtu diputuskan sebagai hari bersantai di rumah, inilah waktunya yang pas untuk mencoba resep bakwan jagung yang enak dan renyah ini. Selain menyiapkan hidangan utama, hari Sabtu juga bakalan lebih istimewa kalau keluarga juga mencicipi hasil kebolehan kamu membuat kudapan yang enak. Soal belanjaan untuk resep ini sebetulnya tidak terlalu merepotkan dan banyak bahan yang biasanya sudah kita stok sebelumnya.

Selain hanya perlu belanja jagung saja, selebihnya paling menyiapkan daun jeruk dan daun bawang. Sisanya, bahan-bahan seperti ketumbar bubuk, tepung terigu, telur, dan Royco Kaldu Ayam biasanya sudah tersedia di rumah. Apalagi kalau kamu juga siap memasak untuk waktu makan lainnya. Kalau kurang, tinggal mampir sejenak ke supermarket terdekat saja, bukan? Kalau memang harus keluar untuk belanja, biasanya Wina memilih di pagi hari agar semua cepat selesai dan banyak waktu juga untuk bersantai.

Oke, sekarang resep bakwan jagung spesial ini siap untuk dibuat. Kalau sudah beres, jangan ragu panggil seisi rumah untuk mencobanya ya!

Begitu perkedel jagung renyah siap untuk disajikan, selanjutnya tinggal duduk manis dan menyeduh teh kesukaanmu bersama seluruh anggota keluarga. Canda tawa sore hari tidak akan lengkap dengan bunyi kriuk renyahnya bakwan jagung yang sudah kamu masak dengan sepenuh hati.


Resep ini pernah dimuat di: www.royco.co.id/Ide-Resep/perkedel-jagung.html

Resep Sup Ayam Bening yang Sehat Menyegarkan

Resep Sup Ayam Bening yang Sehat Menyegarkan

Untuk cuaca dingin maupun panas, sup selalu memberikan kenikmatan tersendiri. Terlebih lagi ketika sedang berpuasa atau untuk yang sedang kurang sehat. Resep sup ayam bening ini adalah salah satu contoh yang cocok di segala situasi. Selain rasanya yang memanjakan, sup ini juga pastinya menyehatkan!

Dulu ada saja alasan agar aku tidak memasak sup. Takut rasanya keasinan atau proses masaknya yang terlalu lama. Tapi setelah sekian lama rajin memasak, sup bukanlah jenis masakan yang menyusahkan untuk dibuat. Malah kadang sup bisa bertahan lebih lama dari makanan lainnya dan ini membuat uang belanja menjadi lebih hemat.

Untuk resep sup ayam bening yang satu ini, protein utamanya adalah ayam yang direbus. Proses masak direbus saja sudah jelas lebih sehat daripada digoreng misalnya. Bahan-bahan lain yang dibutuhkan adalah berbagai macam sayuran yang dipotong sesuai ukuran gigitan. Kaldu yang semakin lama mengendap juga membuat kuah semakin sedap rasanya. Jadi kalau sudah beberapa hari juga, cukup tambahkan ayam baru atau sayuran segar maka sup kembali bisa dinikmati.

Terlebih kalau misalnya ada yang sedang kurang sehat di rumah. Rasa gurih dari sup biasanya membantu yang sedang sakit untuk tetap laju makannya. Kuah sup bening ini juga cocok dipadukan dengan nasi ataupun bubur untuk yang masih pantang bersantap nasi selama masa penyembuhan. Begitu fleksibelnya makanan yang satu ini, sehingga akupun suka memasaknya sebagai hidangan sahur. Alasannya sama, selera makan masih belum terasa di pagi buta. Butuh sesuatu yang orang bilang “glosor glosor” agar makan tetap laju dan nutrisi tetap masuk ke dalam tubuh untuk memberikan energi sepanjang hari saat berpuasa.

Bicara lama waktu memasaknya juga ternyata tidak yang bakal menghabiskan waktu kamu. Hanya dalam sekitar 40 menit saja semuanya bisa siap, asalkan sebelumnya sudah disiapkan juga potongan sayuran bahkan air kaldunya agar lebih meresap lagi rasanya. Selebihnya hanya menunggu matang dan sup ayam sederhana ini siap dinikmati seluruh keluarga. Tambahkan kerupuk udang atau protein lainnya agar lebih nikmat lagi. Kebutuhan sayur kamu sudah terpenuhi hanya dengan hidangan yang satu ini. Kalau kurang, tinggal coba resep-resep sehat dariku yang lainnya.

Untuk yang sudah seharian bekerja, rasanya badan seperti segar kembali bukan? Selain mudah membuatnya, sekarang kamu tidak perlu ragu lagi untuk membuat berbagai sup lainnya.


Resep ini pernah dimuat: www.royco.co.id/Ide-Resep/sup-ayam.html

Resep Tumis Tempe Kacang Panjang Kecap yang Enak dan Bernutrisi Tinggi

Resep Tumis Tempe Kacang Panjang Kecap yang Enak dan Bernutrisi Tinggi

Setelah memasak berbagai lauk-pauk, ada saja rasa bersalah karena tidak memasak cukup sayur untuk makan malam istimewa hari ini. Di sinilah kita perlu berkreasi dengan bahan yang tersisa di dapur. Tumis tempe kacang panjang kecap adalah salah satu solusi cepat. Selain mudah dan murah, yang satu ini bakal jadi incaran seisi rumah.

Kalau kamu bertanya kenapa yang satu ini bakalan laris manis? Jawabannya ada di dua bahan pelengkap selain tempe yang selalu jadi favorit seluruh rakyat Indonesia. Di menu ini, aku juga tambahkan kacang panjang yang renyah serta irisan petai! Mungkin tidak semua orang bisa menikmati petai, tapi bayangkan rasanya ketika menemukan petai di berbagai masakan tumisan — apalagi kalau terselip di racikan sambal-sambal khas Padang.

Walaupun sisi sehatnya lebih banyak karena kehadiran tempe dan kacang panjang, petai memang sebaiknya dimakan sesekali saja. Karena kalau terlalu sering, bisa-bisa bau mulut deh! Di saat bulan Ramadhan, bolehlah sesekali membayar lunas kesabaran kita berpuasa dan lelah beraktivitas sepanjang hari dengan masakan yang menyenangkan hati.

Sisi sehat lainnya dari tumis tempe kacang panjang kecap ini adalah penggunaan minyak yang tidak berlebihan dalam proses memasaknya. Alih-alih memakai minyak banyak, kita cukup menggunakan tambahan air saja agar makanan tidak cepat gosong, ditambah kehadiran Kecap Manis Bango sebagai penambah cita rasa kelezatannya. Proses masaknya sendiri cepat dan tidak bertele-tele dengan banyak langkah. Yang penting semua tersaji matang dengan rasa yang berimbang. Sisanya kamu hanya perlu menyiapkan nasi hangat dan lauk pauk utamanya.

Nah, salah satu pendamping yang pas buat resep ini adalah udang goreng mentega atau iga bakar konro. Jangan khawatir, dari sisi kesehatan, masakan yang satu ini bisa mengimbangi hidangan berbahan utama daging lainnya. Aku sempat belajar dari beberapa teman chef yang juga gemar hidup sehat — ternyata selain berolahraga, makanan enak juga tetap menjadi keseharian mereka.

Yuk, sekarang kita coba resep tumis tempe kacang panjang kecap di bawah ini!

Resep Cap-cay Sayuran Praktis dan Menyehatkan

Resep Cap-cay Sayuran Praktis dan Menyehatkan

Di kala ribuan masakan lain di seluruh dunia kebanyakan berfokus pada satu atau dua jenis bahan saja, masakan yang satu ini justru menjadikan seluruh bahan-bahannya sebagai bintang utama. Resep cap-cay sayuran rata-rata memang mirip, namun kali ini aku ingin berbagi versi sendiri yang tidak kalah istimewa sekaligus menyehatkan!

Sepertinya kita sering mendengar anggapan bahwa resep cap-cay sayuran setidaknya harus terdiri dari sepuluh bahan. Terdengar masuk akal karena jumlahnya begitu beragam sehingga membuat kita lupa hitungan. Tapi sebetulnya konsep masakan ini awalnya adalah menggunakan bahan-bahan sisa yang tidak terpakai di kulkas dan masih dalam kondisi segar. Tak heran jika setiap rumah tangga ataupun restoran memiliki kombinasinya masing-masing.

Idealnya, tetap siapkan beberapa sayuran inti yang selalu dipakai seperti kol putih, brokoli, kapri, sawi, jamur, dan wortel. Selebihnya, terkadang ada yang menambahkan jagung muda, daun bawang, ayam, udang, cumi, dan sebagainya. Semakin banyak memang rasanya semakin lezat, tapi cap-cay sendiri bila tepat takaran bumbunya saja sudah dijamin lezat dan anti gagal. Kalau ingin lebih cepat, jelas penggunaan Royco Kaldu Ayam akan sangat membantu. Tapi misalkan di lain kesempatan kamu punya waktu lebih banyak, bumbui dan masak setengah matang semua sayurannya terlebih dahulu. Ini akan menjadikan semua bahan matang secara merata saat ditumis berbarengan.

Satu twist yang aku siapkan di sini adalah penggunaan minyak zaitun sebagai elemen tambahan dari minyak goreng biasa. Minyak zaitun dikenal sebagai contoh minyak yang memiliki lemak tidak jenuh dan lebih menyehatkan. Selain itu minyak zaitun juga lebih tahan panas dan cocok untuk hidangan yang dimasak di dalam wajan (wok) yang sangat panas. Minyak zaitun juga bisa mengurangi risiko serangan jantung, stroke, mencegah pembengkakan, diabetes, serta mengandung antioksidan.

Jadi coba teman-teman bayangkan, satu menu yang berisi macam-macam sayuran dan dimasak dengan minyak yang sehat. Sisanya hanya perlu improvisasi bahan-bahan apa lagi yang cocok untuk dimasukkan. Sebagai permulaan, kamu harus cobain dulu resep cap-cay sayuran sederhana a la Maddie berikut ini!

Resep cap-cay sayuran ini dibuat sedemikian rupa sehingga cocok tersaji dan dimakan begitu saja atau dengan ditemani sepiring nasi putih hangat. Jika kamu merasa sudah cukup menguasai resep ini, kamu juga bisa mencoba variasi cap-cay lainnya, seperti Cap-cay Schotel yang pernah kubuat bersama tim MAHI.

Selamat menikmati masakan lezat tanpa rasa bersalah!


Resep ini pernah dimuat di: www.royco.co.id/Ide-Resep/capcay.html

Resep Ketoprak, Jadikan Sarapan di Rumah Lebih Menyenangkan

Resep Ketoprak, Jadikan Sarapan di Rumah Lebih Menyenangkan

Memang, sepertinya membeli sarapan di pagi hari jauh lebih mudah untuk keseharian kita yang sudah dinanti berbagai kesibukan. Mulai dari bubur ayam, ketupat sayur, nasi uduk, serta tentunya ketoprak. Untuk yang peduli dengan kesehatan, tentu sarapan akan lebih sehat bila kita sendiri yang membuatnya di rumah dengan menggunakan bahan-bahan yang segar.

Begitupun untuk resep ketoprak berikut ini. Beberapa bahan bisa kita siapkan terlebih dahulu seperti tahu goreng, kecambah, serta merebus bihun dan memasak ketupat. Sisanya adalah bumbu kacang yang super lezat. Aku sarankan untuk diulek manual menggunakan cobek agar teksturnya lebih renyah. Dengan menggunakan mixer, biasanya bumbu kacang menjadi terlalu halus – meskipun tentunya lebih praktis. Terakhir, tata dengan rapi dan tambahkan Bango Kecap Manis untuk kenikmatan yang lebih hakiki!

Sudah siap semua? Yuk kita buat bersama!

Selain lebih higienis, sekarang kamu bisa membuat ketoprak sendiri di rumah. Seru bukan? Ayo kita coba berbagai menu tradisional lainnya untuk sarapan!

Resep Tumis Buncis Tahu Tempe, Makanan Sehat yang Mudah Dimasak

Resep Tumis Buncis Tahu Tempe, Makanan Sehat yang Mudah Dimasak

Kalau ada satu menu tumisan sayur yang paling kusuka, itulah tumis buncis! Persiapannya menyenangkan, memasaknya begitu mudah dan cepat. Nah bagaimana kalau kita jadikan lebih meriah dengan kehadiran tahu dan tempe? Resep berikut inilah yang kamu harus simak!

Tumisan sayur selalu dibutuhkan dimana saja dan kapan saja, dari sarapan hingga makan malam. Bayangkan segala lauk pauk tersedia namun kurang sayur-sayurnya. Pasti rasanya ada satu elemen gizi yang kurang, meskipun terdapat daging ataupun ikan. Selain kacang panjang, terung, atapun jamur – tumis buncis inilah yang selalu istimewa untuk orang Indonesia.

Kali ini, aku membuat tumis buncis dengan tahu dan tempe agar jauh gizinya lebih komplit. Tidak hanya itu, secara rasa menjadi lebih lezat dan lebih menggugah selera karena berbagai tekstur yang terdapat di dalamnya. Nah, sekalian saja aku tambahkan Bango Light Kecap Manis agar bisa dinikmati semua orang – termasuk mereka yang sedang mengurangi gula ataupun yang vegetarian.

Sudah tidak sabar membuatnya? Sama dong! Yuk, kita ke dapur sekarang juga!

Menggunakan Bango Light Kecap Manis sebetulnya tidak harus untuk menu-menu tertentu saja. Bahkan menu simpel seperti tumis buncis dengan tempe dan tahu ini saja sudah tepat. Sekarang kita coba resep-resep lainnya dan menggunakan kecap yang sehat ini!

Resep Bekal Makan Siang Sandwich, Begitu Sehat dan Berisi

Resep Bekal Makan Siang Sandwich, Begitu Sehat dan Berisi

Di zaman sekarang ini, sandwich menjadi sebuah karya seni yang dapat dikreasikan dalam bentuk apapun. Kalau dahulunya kita hanya mengoles roti dengan mentega dan selai, maka sandwich kini datang dalam berbagai macam versi. Begitupun versi sehat seperti yang berikut ini. Namun satu hal yang sama dari masa ke masa, sandwich adalah bekal makan siang tiada tanding!

Sesekali beralih dari bekal nasi ataupun kentang untuk makan siang, maka sandwich yang dibuat dari roti gandum adalah pilihan yang sehat. Selain mengenyangkan karena olahan gandum lebih ringan dicerna oleh perut dan mengandung energi tinggi, isiannya juga dapat kita buat dengan menarik. Kali ini aku membuat satu olahan mayones dari alpukat yang dicampurkan dengan ayam suwir yang kaya protein.

Begitu banyak sebetulnya kreasi sehat yang dapat dibuat meski dari sebatas roti saja. Kita hidup di masa berbagai bahan makanan tersedia luas dan mudah didapatkan. Menggabungkan alpukat dan ayam yang mudah dibeli di Indonesia menjadikan sandwich ini lebih segar. Yuk, kita masak bersama dan jangan lupa coba resep-resep lainnya!

Siap sudah bekal makan siang untuk bekerja hari ini. Selain kali ini isiannya menyehatkan, membuatnya juga mudah kan? Ayo berkreasi dengan berbagai olahan sehat sandwich lainnya!

Resep Rujak Kangkung, Begitu Mudah dan Sehat

Resep Rujak Kangkung, Begitu Mudah dan Sehat

Tidak sulit kok teman-teman untuk memasak sesuatu yang sedap sekaligus sehat. Contohnya adalah resep rujak kangkung berikut ini. Prosesnya singkat dan hasilnya dijamin memuaskan!

Kangkung begitu mudah didapatkan dan cocok dimasak dengan cara apapun. Selain nilai gizinya yang tinggi, kangkung juga memiliki tekstur renyah berkat kehadiran batangnya. Ini menjadikannya menarik untuk dipadukan dengan berbagai makanan jenis lainnya. Jadi jangan heran misalnya kamu bertandang ke restoran boga bahari, pasti ada menu kangkung di sana sebagai penyeimbang dan juga pemberi warna tersendiri.

Tapi bicara soal kangkung tentu kita tidak harus “terjebak” pada resep tumis-tumisan setiap saat. Dengan resep rujak kangkung ini, ternyata kangkung bisa diolah menjadi sesuatu yang berbeda. Berbekal tahu kuning dan Royco,  resep ini masih juga begitu mudah untuk dibuat. Yuk, tunggu apa lagi? Kita masak bersama ya!

Sayuran dengan bumbu rujak selalu saja menggugah selera bukan? Setelah proses membuatnya yang begitu mudah, kini waktunya menikmati rujak kangkung bersama keluarga!

Resep Ikan Gurame Sambal Dabu-Dabu

Resep Ikan Gurame Sambal Dabu-Dabu

Ikan gurame yang digoreng selalu jadi favorit semua orang saat bertandang ke restoran Sunda. Bagaimana ceritanya ketika sambal biasanya digantikan dengan sambal unik dari Manado ini? Jauh lebih lezat! Nah, berikut adalah cara membuat ikan gurame sambal dabu-dabu.

Semua orang Indonesia pasti menganggap kunjungan sesekali ke restoran khas Sunda ataupun restoran seafood sebagai momen-momen istimewa. Selain memang cocoknya dikunjungi untuk merayakan sesuatu, kedua jenis restoran memiliki kemiripan tersendiri. Banyak menu restoran seafood yang tersedia di restoran Sunda dan begitupun sebaliknya.

Salah satu menu yang paling populer adalah ikan gurame. Meski berasal dari sungai, ikan gurame adalah satu jenis yang istimewa. Dagingnya tebal dan tulangnya sedikit. Mudah dimasak dengan cara apapun dan rasanya selalu sedap.

Nah pada kesempatan kali ini, aku ingin berbagi satu resep mudah untuk menggoreng ikan gurame dan memadukannya dengan sambal dabu-dabu yang nikmat. Perpaduan kuliner khas Sunda dan Sulawesi Utara ini dijamin membuat seluruh keluarga tersenyum puas. Jangan lupa mencoba resep-resep lainnya untuk menemani ikan gurame sambal dabu-dabu ini ya!

Menarik bukan? Ikan gurame yang digoreng gurih dan renyah ini tidak hanya cocok dipadukan sambal bajak, sambal mangga, ataupun jenis sambal umum lainnya. Ternyata masakan ini juga cocok disandingkan dengan sambal dabu-dabu yang legendaris.

Selamat menikmati!